Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Kartu Kredit BNI Untuk Mahasiswa

Mahasiswa bisa menggunakan kartu kredit tambahan BNI atau kartu kredit pendamping. Syarat untuk mengajukannya harus berusia minimal 17 tahun dan memiliki anggota keluarga inti sebagai pemegang kartu kredit utama. 

Kalau kamu pernah mendengar istilah kartu kredit secured BNI. Atau kartu kredit dengan jaminan deposito minimal 10 juta. Aku tidak mengetahui hal itu. Mungkin kalau kamu mengajukan ke kantor cabang, mereka juga akan mengatakan hal yang sama. "Di sini, mengajukan kartu kredit tidak perlu pakai jaminan." Tapi apakah jenis kartu itu benar-benar ada di BNI? Aku sendiri tidak bisa memastikan. Setahu saya ada istilah kartu preapproved yaitu kartu yang ditawarkan oleh bank kepada nasabah terpercaya.

Kartu Kredit Untuk Mahasiswa


Syarat mengajukan kartu kredit reguler adalah: Minimal 21 tahun dengan minimal penghasilan sesuai jenis kartu yang diajukan. Selama memenuhi syarat tersebut, tentu saja kamu bisa mengajukan kartu kredit reguler di kantor cabang.

Tapi di sini, kita berbicara mengenai mahasiswa yang usianya masih di bawah 21 tahun. Atau mahasiswa yang belum memiliki penghasilan.

Hanya ada dua jenis kartu kredit yang sesuai untuk mahasiswa, yaitu:
  • Secured credit card (SCC) 
  • Kartu kredit tambahan

Secured Credit Card

Secured credit card adalah kartu kredit ber-jaminan. Artinya kamu harus buka deposit dulu. Nanti limit kartu kredit-nya adalah sekian persen dari nominal uang yang kamu deposit kan. Deposit tidak bisa dicairkan selama kartu kredit masih aktif. 

Bank rekomendasi untuk jenis kartu ini adalah Bank Sinarmas (kartu kredit indigo) dan Bank CIMB Niaga. Silahkan kunjungi kantor cabang atau install aplikasi Simobiplus dan ajukan di sana. Setelah disetujui kamu tetap harus ke kantor cabang untuk lock dana. 

Kamu tidak harus berpenghasilan untuk bisa mengajukan kartu kredit ini, cukup dengan lock dana atau memindahkan tabungan-mu ke deposito sebesar 500 ribu dan kamu sudah  bisa mendapatkannya.

Kartu kredit Tambahan

Di bank BNI sepertinya kamu hanya bisa menggunakan kartu kredit tambahan, kecuali kamu memiliki koneksi untuk kartu kredit secured. 

Kartu kredit tambahan/pendamping hanya bisa diajukan oleh pemegang kartu kredit utama. Misalkan orang tua atau saudara kandungmu memiliki kartu kredit di bank BNI. Kamu bisa meminta mereka untuk menghubungi bank BNI supaya kamu diberikan kartu kredit tambahan.

Semua hal yang berhubungan dengan kartu kredit tambahan, adalah tanggung jawab pemegang kartu kredit utama.


Kesimpulan

Bila kamu berusia dibawah 21 tahun maka kartu kredit bni yang bisa kamu dapatkan adalah kartu kredit tambahan.
Untuk kartu kredit secured, akan lebih mudah bila kamu ajukan di bank lain. Atau coba kunjungi cabang BNI untuk bertanya.

Roy Passenger
Roy Passenger Selamat datang di Kartu Bank! Saya Roy Passenger. Baca Novelku di Google play Book, Yah! Klik Di Sini (Khusus Dewasa)