Syarat dan Ketentuan Pengajuan Kartu Kredit online cabang dan marketing

www.kartubank.com
Gambar Untuk Cara Buat Kartu Kredit Online
Pembuatan kartu kredit bisa diajukan via online, marketing atau langsung ke kantor cabang bank penerbit kartu kredit.

Pengajuan Kartu Kredit 

Sebelum membahas lebih dalam mengenai cara membuat kartu kredit atau pengajuan kartu kredit. Baik itu secara online, marketing atau via kantor cabang maka perlu diketahui syarat ketentuan pembuatan kartu kredit terlebih dahulu.

Syarat dan Ketentuan Pengajuan Kartu Kredit

Berikut ini adalah Syarat utama untuk pembuatan kartu kredit yang ditetapkan oleh bank Indonesia:
  1. Umur minimal 21 Tahun
  2. Gaji Minimal 3 juta
  3. Punya slip gaji atau surat keterangan penghasilan
  4. Punya alamat Rumah
  5. Punya Nomor Telepon Aktif
Baca Penjelasan mengenai syarat utama yang harus anda miliki supaya aplikasi kartu kredit anda disetujui.
  • Umur Anda, kebanyakan bank memberikan syarat umur minimal 21 Tahun untuk pemegang kartu utama. Dan 17 Tahun untuk pemegang kartu tambahan (Kartu tambahan adalah kartu pendamping dari kartu ayah, ibu atau keluarga inti anda yang sebelumnya sudah terlebih dahulu mengunakan kartu kredit)
  • Penghasilan Tetap. Peraturan terbaru tahun 2015 oleh bank Indonesia. Bahwa pemilik kartu kredit harus memiliki minimum penghasilan tetap 3 juta perbulan.
  • Kolektibilitas data perbankan/BI checking. Bila sebelumnya anda sudah memiliki kredit lain, baik itu kartu kredit atau KTA, KPR atau jenis pinjaman/cicilan lainya. Pastikan data kolektibilitasnya lancar.
  • Dokumen pendukung. Selain ktp sebagai dokumen wajib, anda juga harus memiliki dokumen yang menjelaskan data penghasilan anda, bisa berupa: Slip gaji, SIUP, SPT PRIBADI TAHUNAN, atau anda juga bisa mendapatkan surat pengantar dari bank pembuka rekening anda.
  • Pastikan anda sudah mempersiapkan nomor kontak yang akan dihubungj oleh team analis, berupa: HP (wajib), No telp saudara yang tidak serumah beserta alamatnya (wajib), No telp Kantor (wajib untuk karyawan), no telp rumah. Sebaiknya persiapkan data-data tersebut supaya anda tidak kebingungan saat isi applikasi di cabang.

Pengajuan Kartu Kredit Online

  • Pengajuan kartu kredit via online cukup mudah, masuk ke website bank pilihan anda. atau ke website patner bank tersebut. 
  • Buka Menu Kartu Kredit, di sana pasti ada menu AJUKAN! 
  • Silahkan isi data-data anda pada formulir online yang pasti sudah tersedia.
  • Anda akan diminta mengirimkan dokumen melalui email (Untuk tahapan selanjutnya silahkan baca di bawah)
  • Setelah anda mengirimkan dokumen, anda baru akan dihubungi untuk verifikasi data.

Pengajuan kartu kredit di Kantor Cabang

  • Bila anda hendak mengajukan kartu kredit dikantor cabang maka anda wajib membawa dokumen seperti, foto copy KTP, Slip Gaji atau bukti penghasilan, untuk jaga-jaga bawa juga rekenig tabungan anda.

  • Untuk pengajuan kartu kredit via kantor cabang, silahkan mengambil nomor antrian untuk layanan costumer service (Bukan layanan teller). Atau anda bisa menanyakan atau meminta bantuan kepada security yang bertugas.
  • Anda akan disuruh untuk mengisi lembar applikasi kartu kredit. Bila anda merasa kebingungan untuk memilih jenis kartu kredit apa yang mau diajukan jangan segan bertanya kepada costumer service.
  • Isi dan lengkapi data beserta dokumen yang diminta.
  • Pastikan anda mengisi dengan benar untuk semua data yang diminta di lembar applikasi kartu kredit. Dan pastikan juga melengkapi dokumen-dokumen lampiran yang diperlukan.

Penawaran Kartu Kredit Oleh marketing

  • Penawaran marketing biasanya akan jauh mudah. Karena anda hanya perlu mengangkat telepon dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pihak marketing.
  • Tetapi ketika kartu kredit anda sudah disetujui maka sebelum bisa diaktifkan anda harus mengirinkan lembar konfirmasi persetujuan pengunaan kartu kredit yang ditanda tanganni. 
  • Lembar konfirmasi ini bisa didapatkan di kantor Cabang atau dikirim langsung oleh kurir yang mengantar kartu kredit anda.
  • Tetapi bila kurir hanya membawa kartu kredit saja maka lembar konfirmasi kartu kredit bisa dimitan dikirimkan ke alamat email anda melalui call center.


Tahapan Pengajuan Kartu Kredit

Setelah dokumen anda sampai dan diterima oleh bank, maka begini tahapan pembuatan kartu kredit yang sepertinya diterapkan di semua bank, baik itu bank BCA, Mandiri, BNI, Bank Mega, Danamon, ANZ, MNC, Bank BRI, Citibank  dan Bank Lainnya.

Proses Verifikasi

Proses verifikasi pada applikasi kartu kredit biasanya dilakukan melalui telephone. Anda akan dihubungi 3 atau 5 hari atau bisa lebih setelah anda mengisi applikasi di kantor cabang. Semakin cepat pihak bank menerima lembar applikasi anda, maka semakin cepat anda akan dihubungi untuk verifikasi.

Verifikasi ke nomor handphone. 

Anda akan dihubungi ke nomor handphone yang anda isi di data applikasi. Pihak bank akan menanyakan beberapa data. Data-data yang ditanyakan biasanya tidak akan jauh dari data-data yang anda isi di lembar applikasi.

Data yang paling sering membuat kerepotan adalah data-data yang berhubungan dengan nomor-nomor seperti nomor KTP, Nomor NPWP atau Nomor Telepon Kantor.

Bila anda tidak bisa menjawab, tidak apa-apa katakan saja lupa. Tetapi kalau masih bisa untuk mengambil KTP atau NPWP dari dalam tas atau dari laci meja sebaiknya dipastikan saja dulu.


Verifikasi ke Nomor Telephone Rumah. 

Pihak bank akan mencoba untuk menghubungi nomor telepon rumah yang anda daftarkan di lembar applikasi. Yang memgangkat telephone bisa siapa saja.

Kegunaan dari verifikasi ini hanya sebatas memastikan kebenaran nomor telephone rumah yang anda daftarkan.

Biasanya orang yang tidak memiliki telephone rumah akan mengunakan nomor CDMA seperti Nomor Esia, Hal itu tidak masalah.

Verifikasi ke Nomor Telephone Kantor.

Pihak Bank juga akan menghubungi nomor kantor yang anda daftarkan. Informasi yang ditanyakan pada umumnya adalah seperti informasi pendapatan bersih anda, lama bekerja dan juga informasi umum mengenai kantor anda tersebut seperti jumlah karyawan dan informasi lainnya.


Verifikasi ke nomor telephone saudara yang tidak serumah.

Ketika anda mengisi applikasi, anda akan diminta untuk memasukkan informasi mengenai saudara dekat yang tidak serumah dengan anda. Sebenarnya banyak orang mengisi informasi ini dengan asal-asalan seperti mengisinya dengan nama teman sekantor atau mengisinya dengan nama tetangga.


Perlu anda ketahui kalau dalam dunia kartu kredit, saudara yang tidak serumah yang anda daftarkan adalah orang pertama yang akan bank hubungi bila mereka kehilangan kontak dengan anda.

Bila anda menunggak misalkan maka saudara yang tidak serumahlah yang akan ditelpon terus. Bukan untuk menagihkan tetapi untuk menanyakan keberadaan anda.

Supaya proses pengajuan kartu kredit bisa dilanjutkan maka nomor-nomor tersebut harus bisa dihubungi atau harus bisa tersambung.

Tetapi walaupun ada satu nomor yang tidak bisa dihubungi seperti nomor telepon rumah saja atau kantor saja, proses applikasi tetap bisa dilanjutkan. Kecuali bila nomor handphone anda tidak bisa dihubungi biasanya pengajuan kartu kredit akan langsung dihentikan dengan alasan hard to contact.


Proses Analisis aplikasi kartu kredit

Setelah proses verifikasi dilakukan maka pihak bank akan melanjutkan proses-proses lainnya. Proses analysis adalah proses yang paling utama, dimana akan diputuskan apakah pengajuan kartu kredit anda bisa diterima atau tidak. Dalam proses ini juga penetuan jenis kartu kredit apa yang pantas untuk anda gunakan dan berapa limit yang akan diberikan.

Proses Percetakan Kartu kredit

Bila anda dikategorikan layak menggunakan kartu kredit, maka bank akan mulai mencetak kartu kredit anda dan memasukkan data-data anda ke system internal bank.


Proses pengiriman kartu kredit

Proses pengajuan applikasi kartu kredit mulai dari pengisian lembar applikasi sampai persetujuan biasanya membutuhkan waktu paling lama sekitar 14 hari kerja. Kemudian untuk proses pengiriman kartu membutuhkan paling lama 7 hari kerja untuk Jakarta dan 14 hari kerja untuk luar Jakarta.