Transaksi Kartu Kredit Tidak diKenal - Ini Yang Harus anda Lakukan

No comments

TRANSAKSI SEDIKIT ASING ATAU JANGGAL


Berikut ini adalah kejanggalan pada rincian transaksi kartu kredit yang tidak dikenal oleh nasabah dan apa yang harus dilakukan nasabah

- Ada transaksi di kota atau negara yang tidak anda kunjungi

Bila anda pernah melakukan transaksi di kota yang berbeda dengan nominal yang sama dan nama toko yang sama, maka transaksi yang tertagih pada lembar tagihan anda adalah transaksi tersebut. Hal ini bisa terjadi ketika mesin EDC yang digunakan di Kota Medan (Misalkan) Masih disetting dengan nama kota Jakarta atau nama kota lainnya.
www.kartubank.com
transaksi kartu kredit tidak dikenal


- Ada Transaksi dengan tanggal Transaksi yang berbeda

Bila anda pernah melakukan transaksi Yang sama hanya berbeda tanggal saja, maka transaksi tersebut adalah transaksi anda. Hal ini bisa terjadi bila ada perbedaan tanggal transaksi dengan tanggal posting atau proses settlement yang dilakukan antara toko dengan pemilik mesin EDC kemudian antara pemilik mesin EDC dengan bank penerbit kartu kredit anda,




- Ada transaksi dengan nominal yang berbeda


Bila anda pernah melakukan transaksi ditanggal yang sama dan toko yang sama maka sebaiknya hubungi bank anda untuk proses dispute atau penyanggahan nominal transaksi. 

- Ada transaksi dari asuransi yang sudah anda batalkan

Hubungi Asuransi tersebut dan konfirmasi mengenai hal tersebut kepada pihak asuransi. Terkadang bila anda baru membatalkan asuransi beberapa hari sebelumnya maka kemungkinan besar untuk premi yang sudah posting dibank akan tetap ditagihkan kepada anda. Misalkan tanggal cetak setiap tanggal 30 dan anda menghubungi asuransi untuk membatalkan premi tanggal 20 padahal asuransi biasanya sudah menagihkan premi setiap tanggal 10  dan sudah posting dibank. Maka pada tanggal 30 bank tetap akan print tagihan anda berikut dengan premi asuransi tersebut.


- Ada transaksi double atau lebih dari dua kali ditempat yang sama padahal anda hanya transaksi sekali saja

Hal ini disebut dengan double posting transaksi, anda bisa melakukan koreksi dengan menghubungi bank anda. Proses tersebut disebut dengan dispute double transaksi dan anda harus mengirimkan surat pernyataan, Foto copy kartu kredit dan ktp beserta struk perbelanjaan untuk proses koreksi transaksi tersebut.

-Ada Transaksi yang sudah dibatalkan atau sudah dibayar cash

Hal ini bisa saja terjadi ketika mesin EDC error dan mengatakan transaksi gagal kemudian anda bayar cash, Hak ini bisa dikoreksi dengan menguhubungi call center bank anda untuk koreksi. Cara Mengajukan Penyanggahan Transaksi


- Ada transaksi yang tertagih penuh padahal harusnya cicilan


Bila hal ini terjadi hubungi bank anda untuk koreksi metode pembayaran transaksi. Informasikan kepada call center bawah transaksi tersebut harusnya cicilan berapa bulan dan bunga-nya berapa sesuai info yang anda dapatkan dari  Toko ketika belanja.


TRANSAKSI BENAR-BENAR SANGAT ASING DAN TIDAK PERNAH ANDA LAKUKAN


Ada baiknya anda memastikan rincian transaksi kartu kredit anda setiap bulan, Karena bisa saja ada transaksi yang tidak anda lakukan dimasukkan dalam daftar tersebut. Bila anda menjumpai ada kejanggalan pada rincian transaksi anda, silahkan lakukan hal-hal berikut ini:

Mencoba mengingat Kembali


Sebaiknya jangan langsung panik dan memarahi bank anda, silahkan di ingat-ingat lagi apakah pada tanggal yang tertera pada lembar tagihan tersebut anda tidak melakukan transaksi dengan nominal yang sama? karena terkadang nama toko pada lembar tagihan tidak mengunakan nama toko yang familiar di telinga kita. Misalkan ketika kita melakukan transaksi pada sebuah toko, tetapi pada struk perbelanjaan yang dituliskan adalah nama perusahaan yang menaungi toko tersebut.



Bertanya Pada Orang Rumah atau Teman terdekat, apakah ada yang menggunakan kartu anda?


Terkadang kita lupa kalau orang rumah meminjam kartu kita (sebenarnya hal ini tidak bisa dilakukan) Atau ketika kita menyuruh orang rumah bahkan teman untuk membeli sesuatu saat kita sedang sibuk. Atau pastika kepada anggota keluarga anda apakah ada yang tanpa ijin mengunakan kartu kredit anda untuk transaksi atau apakah ada anggota keluarga yang membeli games, atau applikasi pada smartphone yang anda gunakan?

Bila anggota keluarga tidak melakukan transaksi maka sebaiknya hubungi bank untuk pergantian kartu sekaligus untuk penyanggahan transaksi. Baca; Cara menyanggah transaksi pada kartu kredit








No comments :

Post a Comment