Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tabungan Yang Paling Menguntungkan BCA, Mandiri, BNI atau BRI?

Apakah anda sedang mencari jenis tabungan apa yang paling menguntungkan. Tahukan anda bahwa saat ini, ada 4 tabungan yang paling populer di Indonesia.

Ke-empat jenis tabungan tersebut adalah rekening Tahapan BCA, Rekening Tabungan Rupiah Mandiri, Rekening BNI Taplus dan Rekening BRI Britama.

Tabungan Yang Paling Menguntungkan

 Bila anda berkeinginan untuk membuka rekening tabungan yang paling menguntungkan. Maka, ada dua hal yang paling penting yang harus anda perhatikan, Yaitu: Suku Bunga Tabungan dan Biaya Administrasi Bulanan baik Biaya Rekening dan Biaya Kartu Atm Debit.

Ke-empat jenis tabungan di bawah ini memiliki fitur dan fasilitas yang hampir sama dan sudah sangat lengkap. Ke-empat jenis tabungan dari bank BCA, Mandiri, BNI dan BRI memiliki kartu debit, memiliki channel e bangking yang lengkap. Kemudahan untuk menemukan cabang, atm dan merchant yang bekerja sama juga sangat mudah untuk ke empat jenis tabungan ini.

Kemudian, biaya-biaya yang sekali tagih termasuk setoran awal, saldo minimal,  menurut saya tidak terlalu berpengaruh. Biaya administrasi untuk transaksi di atm dan kantor cabang juga tidak terlalu berbeda.

Suku Bunga Tabungan Populer di Indonesia

Dari Ke-empat jenis tabungan yang paling banyak beredar di Indonesia. Berikut ini adalah tabel perbandingan suku bunga tabungan Tahapan BCA, Tabungan Rupiah Mandiri, Taplus BNI dan Tabungan BRI Britama, sebegai berikut:

Perbandingan Suku Bunga Tabungan BCA, Mandiri, BNI dan BRI
Saldo BCA Mandiri BNI BRI
dibawah 1 juta 0% 0% 0% 0%
1 juta - < 5 Juta 0.35% 0.70% 0.70% 0.70%
5 Juta - < 500 Juta 0.50% 0.85% 0.85% 0.85%
500 Juta - < 1 Milyar 0.75% 1.10% 1.20% 1.10%
>= I Milyar 1.35% 1.90% 2% 1.90%

Biaya Administrasi Tabungan


Tabungan yang paling menguntungkan adalah jenis tabungan yang menagihkan biaya administrasi yang kecil.

Biaya administrasi tabungan adalah salah satu hal yang paling penting untuk dijadikan pertimbangan. Apalagi, bila tabungan kita tidak mencapai ratusan atau milyaran rupiah.

Bunga yang diberikan bisa lebih kecil dari biaya administrasi yang kita bayarkan. Jadi pertimbangkan untuk memilih biaya administrasi yang lebih kecil bila saldo tabungan anda tidak terlalu besar.

Di bawah ini adalah tabel perbandingan biaya admistrasi rekening dan kartu debit tabungan Tahapan BCA, Tabungan Rupiah Mandiri, Tabunga Taplus BNI dan Tabungan Britama BRI.


Perbandingan Biaya Administrasi Rekening dan kartu debit Tabungan BCA, Mandiri, BNI dan BRI
BCA Mandiri BNI BRI
Silver 15.000 17.000 15.000 13.000/14.000
Gold 17.000 18.000 18.500 17.500/18.500
Platinum 20.000 21.000 21.000 -

Kesimpulan Tabungan Yang Paling menguntungkan di Indonesia

Berikut adalah Pendapat saya mengenai jenis tabungan yang paling menguntungkan di Indonesia dilihat dari dua data yang sudah dibandingkan di atas.
  • Suku Bunga tabungan yang paling tinggi untuk saldo 500 juta hingga milyaran adalah Tabungan Taplus BNI.
  • Suku Bunga Tabungan Tertinggi untuk rata-rata saldo 50 Jutaan Adalah Mandiri, BNI dan BRI.
  • Biaya Administrasi Rekening dan Kartu yang paling murah untuk jenis silver adalah Tabungan BRI Britama
  • Biaya Administrasi Rekening dan Kartu Yang paling murah untuk jenis Gold adalah Tabungan Tahapan BCA
  • Biaya Administrasi Rekening dan Kartu Yang paling murah untuk jenis Platinum adalah Tabungan Tahapan BCA
Note: Suku bunga dan informasi biaya administrasi ini bisa saja berubah sewaktu-waktu. Data ini diambil 03 Desember 2018 dari informasi publik pada bank yang bersangkutan.

Tuliskan komentar anda pada kolom komentar di bawah!
Roy Passenger
Roy Passenger Selamat datang di Kartu Bank! Saya Roy Passenger. Baca Novelku di Google play Book, Yah! Klik Di Sini (Khusus Dewasa)