Mamfaat Bank Indonesia Bagi Masyarakat Dalam Bahasa Sederhana

Bank Indonesia itu adalah Lembaga Negara yang berada diluar kuasa pemerintah atau berdiri sendiri. Dengan tujuan utama untuk menjaga kestabilan Nilai rupiah.

Bank Indonesia Mengawasi Harga Barang dan jasa untuk Masyarakat Indonesia

Bank Indonesia Mengawasi dan menjaga harga-harga barang,  termasuk harga jasa atau Upah kerja.
Bank Indonesia juga mengawasi nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing, hal ini bertujuan supaya ada ketetapan pasti mengenai nilai tukar rupiah terhadap mata uang tertentu.

Dari tugas utama tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa bank Indonesia telah membantu masyarakat untuk mendapatkan produk dengan harga yang benar dan para pekerja mendapatkan upah yang layak.

Kemudian, Bank Indonesia juga telah membantu masyarakat untuk mendapatkan produk-produk dari luar dengan harga yang benar termasuk menjual produk dari dalam negeri ke luar negeri dengan harga yang benar.

Bank Indonesia Menjaga Industri perbankan dalam melayani masyarakat

Secara langsung bank Indonesia juga mengamati dan mengawasi pergerakan industri perbankan,dengan tujuan untuk memastikan kalau bank-bank tersebut tidak melakukan kecurangan dan memberikan hak pelayanan kepada masyarakat. Pengawasan tersebut tidak hanya berlaku dibank BUMN tetapi termasuk Bank swasta.

Contoh pengawasan yang dilakukan oleh Bank Indonesia adalah memberikan ketentuan umum terkait pelaksanaan kegiatan perbankan baik itu mengenai pinjaman, Tabungan atau penggunaan kredit dan kegiatan perbankan lainnya.

Misalkan bank Indonesia menetapkan bunga kredit maksimal 2.25% dan denda keterlambatan pembayaran kartu kredit adalah 3% dan maksimal Rp. 150.000.
Semua bank yang ada di Indonesia wajib mengikuti ketentuan tersebut.

Dari situ bisa disimpulkan kalau Bank Indonesia secara tidak langsung telah memberikan keamanan, kenyamanan transaksi perbankan kepada Masyarakat Indonesia.


Bagaimana Kalau bank Indonesia Tidak Ada


  • Kalau Bank Indonesia tidak ada, maka harga-harga barang bisa berubah seenaknya. Misalkan harga TV bisa berubah-ubah. Dan tidak akan ada kejelasan mengenai harga barang.
  • Tidak akan ada kejelasan mengenai harga Jasa. Mungkin akan terjadi ketidakadilan dimana-mana, Pekerja akan digaji dengan upah yang tidak layak.
  • Nilai tukar rupiah bisa menjadi tidak pasti. 
  • Kekacauan perekonomian akan terasa bila bank Indonesia tidak menjaga kestabilan Nilai Rupiah.




0 Response to "Mamfaat Bank Indonesia Bagi Masyarakat Dalam Bahasa Sederhana"