Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Transaksi Kartu Kredit Tertagih Dua Kali - Lakukan Hal Ini

Sering kejadian, dimana kartu kredit dideep/digesek dua kali karena transaksi pertama dinyatakan oleh kasir sebagai transaksi yang gagal.

Tetapi setelah sampai di rumah, atau bahkan mungkin masih di Toko, anda sudah menerima sms dua kali yang seolah-olah mengatakan kalau anda baru saja transaksi dua kali di tempat yang sama. Padahal anda hanya transaksi sekali saja.

Anda tidak perlu panik, coba konfirmasi ulang mengenai hal tersebut ke kasir dan minta supaya dilakukan void. Atau anda bisa menghubunggi call center bank penerbit kartu kredit anda.

Call center mungkin masih akan menjawab kalau memang ada dua transaksi yang masih menggantung. dan anda harus menunggu sekitar 1 x 24 jam untuk mengetahui status transaksi tersebut.

Tidak masalah, yang penting anda sudah menghubungi call center dan mereka sudah punya catatan tentang laporan anda.

Tidak usah berdebat dengan kasir di toko, bila mereka memang berkata, kalau transaksi yang pertama gagal dan dibank masih dalam proses atau menggantung.

Karena toko pasti tidak akan melakukan proses suttlement dan dipastikan transaksi itu tidak akan tertagih. Hubungi kembali bank sekitar 1 minggu setelah transaksi tersebut untuk menanyakan bagaimana status terakhirnya.


Di Lembar Tagihan transaksi Kartu kredit sudah tertagih dua kali

Anda pernah transaksi sekali saja disebuah tempat. Mungkin karena ada gangguan sistem sehingga si kasir gesek kartu kredit anda dua kali.

Atau mungkin, transaksi biasa saja, kartu hanya digesek sekali tetapi di tagihan anda malah menerima penagihan dua kali transaksi.

Lakukan hal ini!
Segerah hubungi Call center bank anda dan laporkan mengenai hal tersebut.

Proses ini akan disebut dengan proses penyanggahan atau dispute transaksi double posting atau penyanggahan transaksi yang tertagih dua kali.

Baca Lebih lengkap mengenai cara sanggah transaksi

Call center akan membuat laporan dan meminta anda untuk mengirimkan dokumen pendukung seperti surat pernyataan, foto copy ktp, foto copy kartu kredit dan bahkan struk perbelanjaan.

Download contoh surat sanggahan di sini

Apabila anda transaksi online tanpa struk perbelanjaan maka katakan hal tersebut kepada call center. atau and transaksi offline tapi struknya sudah hilang, maka laporkan juga hal itu kepada call center.
Anda tidak perlu kwatir, karena kasus seperti ini biasanya akan dikoreksi walaupun waktunya cukup lama.

Tanyakan kepada call center apakah anda harus bayar transaksi tersebut atau tidak sebelum hasil penyanggahan keluar.

Bila transaksinya kecil sebaiknya bayarkan saja dulu, nanti akan dikreditkan kembali, tetapi kalau besar silahkan katakan kepada call center kalau anda tidak mau membayar salah satu dari transaksi tersebut sebelum hasil penyanggahan selesai.

Transaksi Kartu kredit Yang sudah tertagih bulan lalu, Tertagih lagi

Anda kaget karena transaksi yang sudah tertagih bulan lalu masih ada di tagihan kartu kredit yang baru anda terima. Hubunggi call center dan buatkan laporan

Prosesnya sama seperti kasus kedua, anda akan mengajukan penyanggahan transaksi dengan mengirimkan dokumen yang diperlukan.

Tanya Jawab seputar transaksi kartu Kredit dua kali

Apakah artikel ini berlaku untuk semua bank penerbit kartu kredit seperti Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank Mega, Bank Danamon, Citibank dan yang lainnya?


Jawab


Iya. Artikel ini berlaku untuk semua bank penerbit kartu kredit di Indonesia.

Berapa lama Proses Penyanggahan transaksi?


Jawab


Cukup Lama, tetapi maksimal 180 Hari, biasanya akan jauh lebih cepat untuk penyanggahan dengan kasus tertagih dua kali.




Apa itu biaya sales Draft pada penyanggahan transaksi?


Jawab


Biaya sales draft adalah biaya percetakan struk transaksi yang diminta oleh bank kepada toko, anda hanya akan ditagihkan biaya sales draft bila proses penyanggahan anda kalah, atau anda dinyatakan memang melakukan dua kali transaksi.
Roy Passenger
Roy Passenger Selamat datang di Kartu Bank! Saya Roy Passenger. Baca Novelku di Google play Book, Yah! Klik Di Sini (Khusus Dewasa)