Tips Melunasi Hutang kartu kredit dengan Trik Filter Transaksi

www.kartubank.com
Tips Melunasi Hutang kartu kredit

Tips Melunasi Hutang Kartu Kredit


Sangat mudah untuk keluar dari permasalahan hutang kartu kredit, Tetapi akan sangat sulit juga bila ego untuk transaksi barang-barang yang tidak terlalu penting belum bisa dilawan.

Melunasi Hutang Kartu Kredit

Bila Tagihan kartu kredit anda semakin membesar, maka sebaiknya anda putuskan untuk tidak mengunakan kartu kredit dulu sebelum tagihan benar-benar lunas (kecuali memang bila ada transaksi mendadak yang tidak bisa ditolak, seperti biaya rumah sakit, pendidikan dan keperluan pokok rumah tangga dan kondisinnya anda sudah tidak punya uang cash. kalau masih punya jangan pakai kartu kredit dulu sebelum tagihan lunas.

Pertimbangkan Untuk rescheduling tagihan

Rescheduling tagihan adalah perombakan system pembayaran keselurahan tagihan menjadi cicilan tetap. Dalam kasus ini, semua transaksi atau keseluruhan nominal tagihan anda, baik itu transaksi cicilan tetap, transaksi retail, Tarik tunai, transfer dana, biaya-biaya, semuannya akan dibongkar dan disatukan seolah-olah menjadi satu transaksi dan diproses menjadi cicilan tetap. Proses ini hanya bisa dilakukan oleh collection atau pihak bank biasannya menyebut mereka UNIT PENAGIHAN. Dalam kasus rescheduling tagihan kartu anda akan diblokir dan baru bisa digunakan kembali setelah tagihan lunas.

Pertimbangkan Tawaran Bank untuk proses total tagihan menjadi cicilan.

Ini berbeda dengan rescheduling. Ada beberapa bank yang suka menawarkan total tagihan anda dijadikan cicilan. Misalkan total tagihan anda bulan Maret  dengan rincian;

cicilan A yang ke lima Rp. 200.000
Cicilan B yang kedua Rp. 100.000
Tagihan PLN bulan Maret Rp. 200.000
Tagihan TV bulan maret Rp. 100.000
Transaksi retail  yang bukan cicilan tetap, Rp. 5.000.000
 biaya-biaya  seperti bunga, denda, biaya kartu Rp. 100.000
Total tagihan Rp. 5.700.000

Misalkan Penawaran Dari Bank adalah cicilan 12 bulan dengan bunga 1% tanpa biaya administrasi.
Maka cicilan Pokoknya adalah
5700000/12 = 475000
Bunga
5700000 x 1% = 57000
Total cicilan = Rp. 532.000

Dalam kasus ini yang dijadikan cicilan adalah adalah hanya total tagihan dalam satu bulan, tidak termasuk dana cicilan yang masih dibekukan. Bila anda menyetujuinya maka tagihan pada bulan Maret tidak perlu anda bayarkan dan cicilan pertamanya baru anda bayar bulan April. Maka pada bulan April anda akan ditagihkan

Cicilan pertama total tagihan bulan Maret Rp. 532000
cicilan A yang ke-enam Rp. 200.000
Cicilan B yang ketiga Rp. 100.000
Tagihan PLN bulan April Rp. 200.000
Tagihan TV bulan April  Rp. 100.000

Totalnya Rp.1132000

Dengan Mengikuti Program tersebut, Pembayaran akan semakin ringan dan satu hal yang harus anda perhatikan setelah menyetujui program total tagihan dijadikan cicilan tetap maka bulan depannya anda harus bisa melakukan pembayaran tagihan penuh sebesar yang tertagih di lembar tagihan. Karena apabila anda melakukan pembayaran dibawah nominal tersebut maka sama saja bohong karena bunga menjadi diperhitungkan dua kali.


Maka cicilan Pokoknya adalah
5700000/12 = 475000
Bunga
5700000 x 1% = 57000
Total cicilan = Rp. 532.000
Di sini sudah ada penambahan bunga sebesar 57000

Bila total tagihan dibulan april adalah Rp.1132000 dan anda hanya bayar Rp. 500000 maka akan ada perhitungan bunga kembali sebesar 2.95% dan perhitungan bunga pada tahap ini tidak seperti simulasi perhitungan di atas. Baca artikel berikut mengenai cara perhitungan bunga pada kartu kredit. Misalkan Bunga yang akan tertagih adalah Rp. 100.000 maka proses perubahan total tagihan menjadi cicilan hanya akan menambah penagihan nominal bunga yaitu Rp. 57000 + 100000.

Rescheduling dan perubahan total tagihan menjadi cicilan itu berbeda. Pada Program Recheduling kartu diblokir sementara untuk program total tagihan menjadi cicilan kartu akan tetap aktif.

BAYAR FULL, PAKAI LAGI, UBAH CICILAN (BPU)

(BPU hanya singkatan di sini saja tidak dipakai dalam istilah perbankan kartu kredit)
Tips melunasi tagihan kartu kredit dengan program BPU ini cocok dilakukan oleh pemegang kartu yang punya nominal tagihan cukup besar dan bukan dalam bentuk cicilan. (kondisi tidak ada penawaran total tagihan menjadi cicilan)

Contoh kasus

Tagihan anda bulan lalu Rp. 3000.000
bayar Rp. 500000
Tagihan bulan ini (Maret) + transaksi baru +bunga dan biaya = 3500000

Pada bulan ini anda dapat gaji misalkan 8 juta karena kebetulan ada rapelan dan karena gaji lumayan besar anda berencana beli notebook seharga 4 juta. karena takut uang keburu habis kalau bayar kartu kredit, rasa-rasanya seperti tidak dapat rapelan. kemudian anda beli notebook dengan uang cash dan kartu kredit anda bayar Rp. 350000 (Jangan seperti ini).

Sebaiknya anda bayar lunas tagihan kartu kredit, kemudian Notebook dibeli dengan kartu kredit lagi dan transaksi itu harus dalam bentuk cicilan tetap dengan bunga 0% atau 0.8 persen paling tinggi. Baca cara mengubah transaksi menjadi cicilan tetap.
Pasti anda bisa mengerti kenapa? karena sama saja, bila anda dapat barangnya dan tagihan kartu kredit anda menjadi dalam bentuk cicilan tanpa bunga atau dengan bunga rendah daripada anda beli notebooknya dengan cash kemudian kartu kredit hanya bayar 10% maka bulan depan bunganya bisa sampai 70000 ribuan.

Bila Tagihan anda sudah normal, Maka lakukan Trik Filter transaksi supaya anda tidak mengalami masalah yang sama di kemudian hari.

Trik Filter Transaksi Kartu Kredit


Bagaimana cara yang paling tepat untuk berhemat dengan kartu kredit.

Kebanyakan kasus, transaksi seratus atau dua ratus ribuan sangat mengoda, "Ah hanya dua ratus ribu saja, bulan depan setelah gajian pasti bisa dibayar."

Dua hari berikutnya ketika melihat sesuatu dipasar online, pikiran itu muncul kembali.

"Ah hanya seratus ribu saja,"

Kemudian tiga hari berikutnya pikiran yang sama muncul kembali, hingga akhirnya dalam satu bulan transaksi seratus ribuan bisa dilakukan sampai sepuluh kali. Dan total tagihan baru selain cicilan bertambah satu atau dua jutaan.
Karena itulah untuk bisa menghindari pemakaian mendadak dibutuhkan Filter Transaksi.

Filter Transaksi dengan kartu kredit


  • Untuk belanja keperluan rumah tangga bulanan. Belanja bulanan untuk hal-hal yang memang wajid dipakai setiap bulan. Seperti perlengkapan mandi, perlengkapan dapur, perlengkapan listrik, yang transaksinya hanya dilakukan sekali saja dalam sebulan di Supermarket atau di pasar. Kalau ada keperluan rumah tangga yang lain setelah transaksi ini, Sebaiknya dibayarkan dengan  uang cash. Hal ini akan membantu anda untuk menyadari setiap transaksi yang anda lakukan memerlukan uang.
  • Untuk belanja keperluan Hiburan yang memang sudah harus dibeli, dengan harga satu juta ke atas. Usahakan mendapatkan promo yang pembayarannya dalam bentuk cicilan tetap dengan bunga 0%. Misalkan bila untuk transaksi pembelian Gadjet, alat-alat elektronik, Peralatan rumah seperi Sofa, Kasur, Mesin cuci, Kulkas. Carilah toko yang memiliki fasilitas cicilan nol persen. Pasti ada.
  • Gunakan Kartu Kredit Untuk Transaksi Online yang memang sudah harus dibeli yang pembayarannya hanya bisa dengan kartu kredit. Misalkan pembelian tiket, booking hotel, bayar kursus, pembelian ebook. Pokoknya barang itu memang sudah sangat penting bagi anda.

Jenis transaksi di atas adalah Filter yang saya buat. Anda bisa merancang tabel filter transaksi anda sendiri.

Atau kalau mau mengunakan Filter di atas maka langkah selanjutnya adalah memilih dari ketiga filter transaksi tersebut, misalkan anda hanya memilih no 1 saja. Maka buat komitmen bawah kartu kredit yang anda miliki hanya digunakan untuk transaksi belanja bulanan saja, transaksi diluar itu harus dengan cash atau transfer langsung via kartu debit.

Atau kalau menurut anda ketiga filter transaksi di atas mau ditetapkan sebagai transaksi kartu kredit, maka anda harus berkomitmen bawah hanya contoh ketiga transaksi di ataslah yang menggunakan kartu kredit selain itu harus dengan uang cash.

Misalkan tiba-tiba ada baju atau alat make up, atau jam tangan yang sangat menarik perhatian di pertengahan bulan. kalau anda sudah berkomitmen maka bila anda mau membeli produk itu tidak boleh dengan kartu kredit.


Dengan menerapkan system filter transaksi di atas maka transaksi kartu kredit anda akan sangat terkontrol sehingga anda tidak akan pusing lagi setiap kali menerima lembar tagihan.

Kesimpulan


1. Kunci hemat mengunakan kartu kredit adalah dengan mengunakan metode filter transaksi
2. Tagihan dalam bentuk cicilan tetap adalah sangat lebih baik daripada minimum pembayaran
3. Bila kartu sudah over limit pertimbangkan untuk hubungi collection dan rescheduling tagihan
4. Terima penawaran total tagihan menjadi cicilan bila hanya anda yakin bisa bayar penuh setelah dalam bentuk cicilan
5. Pertimbangkan metode Bayar Full, Pakai Lagi, Ubah cicilan