Berita Baik Isu Penurunan suku Bunga Kartu Kredit



Penurunan Bunga Kartu Kredit
Kabar baik bagi pemilik kartu kredit di Indonesia. Isu tentang adanya rencana pemangkasan atau penurunan besar bunga kartu kredit semakin sering terdengar. Hal ini kemungkinan dipengaruhi karena adanya tren penurunan bunga acuan atau BI Rate. Menurut informasi dari Asosiasi Kartu Kredit Indonesia yang dimuat di halaman website resminya, sejumlah bank sedang dalam proses mempertimbankan penurunan besar bunga kartu kredit di Indonesia.

Saat ini kebanyakan bank menerapkan besar bunga sebesar 2.95% untuk perhitungan bunga transaksi retail. Sementara untuk program-program kartu kredit yang disediakan oleh bank seperti cicilan tetap transaksi atau cicilan tetap dana transfer, untuk besar bunga biasannya berkisar 1% ke bawah. Biaya bunga yang paling besar adalah untuk transaksi Tarik tunai. Walaupun untuk persentasi bunga Tarik tunai di mesin atm sama seperti persentasi besar bunga transaksi retail yaitu, 2.95% namun nyatanya ada perbedaan syarat dan ketentuan pada rumusan perhitungan bunga itu sendiri. Yang biasannya dibedakan oleh selisih hari. Hal ini dikarenakan biaya operasional bank untuk transaksi Tarik tunai di mesin atm memang lebih besar.

Steve Martha, General Manager Akki mengatakan kalau penurunan bunga kartu kredit akan berjalan secara bertahap sesuai dengan factor resiko pada profil setiap bank. Penurunan bunga kartu kredit di Indonesia mungkin baru akan terlihat tiga hingga enam bulan ke depan.

Ada kemungkinan kalau penurunan bunga kartu kredit tidak akan merata atau akan ada perbedaan, kutipan dari akki.or.id (website asosiasi kartu kredit Indonesia) mengatakan kalau bank yang memiliki resiko tinggi pada bisnis kartu kredit memiliki ruang yang lebih kecil untuk menurunkan bunga. Faktor yang berpengaruh kepada resiko tinggi ini adalah transaksi Tarik tunai dan kebutuhan konsuntif dari nasabah masing-masing perbankan.

Hal itu juga diperkuat oleh Bapak Santoso yang merupakan Senior General Manager Card Credit BCA. Beliau berpendapat kalau Memang ada ruang penurunan bunga kartu kredit, meski tidak besar. Setiap bank memiliki ruang yang berbeda-beda dalam hal menurunkan besar suku bunga kartu kredit pada setiap bank. "Saat ini, Bunga kartu kredit BCA berkisar antara 2.75% sampai 2.95% per bulan." Kata beliau kepada pihak AKKI.

Dipihak lain, Pimpinan Divisi Bisnis Kartu Kredit Bank Negara Indonesia (BNI) Corina Leyla Karnalies mengatakan kalau sampai saat ini, BNI belum memiliki rencana untuk menurunkan bunga kartu kredit. Menurut beliau bunga kartu kredit yang berlaku di BNI saat ini masih 2.95% per bulan. Menurut Beliau bunga yang berlaku saat ini sudah wajar, beliau menegaskan kalau bunga kartu kredit yang berlaku sudah diperhitungkan sesuai dengan biaya operasional, profil risiko, biaya promosi dan margin bagi bank. Biaya operasional bisnis kartu kredit, kata Corina, relatif tinggi karena transaksi kartu kredit berlangsung selama 24 jam.

Dari pihak Bank Indonesia sendiri, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Ronald Waas, mengatakan kalau memang, awal bulan Februari, Bank Indonesia sedang melakukan kajian tentang batas bunga kartu kredit, tetapi beliau kembali menegaskan kalau kajian itu belum tentu akan membahas tentang penurunan suku bunga pada kartu kredit.

Perkembangan bisnis kartu kredit di Indonesia bertambah dengan pesat setiap tahunnya. Dari data statistic pengunaan kartu kredit yang diumumkan oleh AKKI terlihat dengan jelas peningkatan jumlah pengguna kartu kredit yang juga sejajar dengan peningkatan nominal transaksi setiap bulannya.

source: AKKI
Statistic besar transaksi kartu kredit







0 Response to "Berita Baik Isu Penurunan suku Bunga Kartu Kredit"