Penipuan Pada Kartu Kredit dengan Modus Kartu Diskon


kartu kredit penipuan
Penipuan Pada Kartu Kredit dengan Modus Kartu Diskon

Jenis-jenis penipuan pada kartu kredit?


Sebelum kita ke topik utama ada baiknya untuk mengetahui apa saja motif-motif penipuan pada kartu kredit. hal ini tentunya akan menjadi tameng untuk anda bila situasi yang dijelaskan akan anda alami suatu saat nanti.


Untuk menghindari hal-hal yang berkedok penipuan pada kartu kredit. Dibawah ini, dijelaskan sedikit tentang modus atau motif-motif penipuan pada kartu kredit.

Mengaku dari bank dan datang untuk aktifasi kartu kredit.


Hal seperti ini biasannya terjadi pada pemegang kartu baru. Card holder (CH/pemegang kartu) akan disuruh hubungi call center. Kemudian setelah kartu aktif mereka akan mengeluarkan mesin EDC dan nge-deep kartu anda.

note: Aktifasi kartu tidak perlu bantuaan orang, cukup anda hubungi call center atau aktifasi via sms (caranya pasti ada di buku panduan). Baca cara aktivasi kartu, BNI, BCA, Mandiri


Asuransi yang tidak kerja sama tidak mau berhenti debet dari kartu anda.


Segera hubungi bank anda dan minta pergantian kartu. dengan, menganti kartu kredit anda, maka dipastikan pihak tersebut tidak akan mengetahui data kartu kredit anda yang baru. Hal ini juga bisa anda lakukan bila anda terlanjur terdaftar pada sebuah keangotaan di pasar online. Misalkan bila sebelumya anda mendaftarkan kartu kredit anda untuk pembelian domain website, anda sudah batalkan layanan tetapi mereka tetap menagih dari kartu kredit.





Asuransi tertagih tanpa persetujuan endroll/daftar dari anda.


Segera hubungi call center bank anda dan minta untuk cancel. Bila bekerjasam dengan bank anda, call center bisa buatkan laporan. tetapi bila tidak bekerja sama maka perhatikan poin ke tiga di atas.

Jika anda keberatan untuk bayar yang sudah tertagih, penulis berharap supaya diingat-ingat lagi apakah anda yakin 100% belum menyetujui. Sampaikan keluhan anda via call center dan minta supaya dibuatkan laporan permintaan dihubungi kembali oleh asuranai yang bekerja sama dengan bank anda. bila tidak kerja sama lakukan penyangahan transaksi (lihat artikel saya mengenai cara penyangahan transaksi).




Itunes tidak berhenti debet dari cc.

kejadian ini sering sekali terjadi, sebenarnya kita tidak bisa menyalahkan pihak iTunes karena kebanyakan dari kasusnya adalah  pemegang kartu melakukan transaksi tanpa terlebih dahulu membaca syarat dan ketentuan. Transaksi yang dilakukan adalah transaksi keanggotaan bukan sekali beli, sama halnya dengan asuransi dimana akan ada pendebetan biaya keangotaan setap bulan. Cara yang paling gampang untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah dengan menghubungi pihak iTunes, tetapi bila pihak iTunes tidak juga berhenti debet dari kartu kredit anda maka sebaiknya anda harus mengganti kartu kredit. Proses pergantian kartu kredit bisa dilakukan dengan menghubungi call center bank anda. Cek daftar no call center pada artikel ini.

Transaksi satu kali tapi tertagih dua atau tiga kali.

Kejadian ini sebenarnya cukup menjengkelkan apalagi bila anda baru pertama sekali mengalaminnya. Rasanya seperti dibodoh-bodohi. Tetapi anda sebenarnya tidak perlu kawatir, kejadian seperti ini sangat sering terjadi. Bank akan membantu anda untuk koreksi tagihan tetapi anda harus sedikit report karena untuk proses koreksi transaksi yang seperti ini anda harus mengirimkan surat penyataan.
kartu tidak perlu di blokir, hubungi call center untuk pembuatan laporan dispute. hal ini berlaku untuk transaksi yang gagal tetapi tetap tertagih. Baca cara mengajukan penyanggahan atau koreksi tagihan.





Kartu sudah ditutup Beberapa tahun yang lalu tetapi tiba-tiba ada tagihan.

Hal ini juga sangat menjengkelkan apalagi kalau jumlah tagihan yang datang sudah mencapai ratusan juta Rupiah, Kenapa dan bagaimana cara menghindari hal seperti ini, Baca cara tepat melakukan penutupan kartu kredit.

Transaksi Opened Booking Hotel masih mengantung dan mengurangi limit

Kasus ini sering baru ketahuan bila anda sudah mau melakukan penutupan kartu. karena memang pada saat anda meminta penutupan kartu pihak bank akan melakukan pemerikasaan mendalam untuk memastikan apakah masih ada transaksi mengantung dikartu kredit anda.
Untuk menyelesaikan permasalahan ini silahkan hubungi pihak hotel tempat anda melakukan transaksi dan minta supaya tagihan dibersihkan.

Mengaku dari Visa/Master dan info kalau anda adalah nasabah terpilih yang dapat promo kartu diskon.




Mereka bisa saja berbicara lewat telephone atau langsung datang ke kantor/rumah anda. Mereka akan meyakinkan anda kalau mereka adalah petugas bank dengan menginfokan sedikit data-data personal anda yang entah darimana mereka dapat.

Yang perlu anda ketahui sesunggunya mereka hanya memiliki info pribadi anda tetapi sama sekali tidak mengetahui data kartu kredit anda (ada juga yang hanya tahu jenis kartu anda, sehingga bisa mengatakan 6 digit pertama no kartu anda).

Note: Siapapun yang menghubungi anda mengatakan dari bank dan meminta data kartu anda. segera katakan!
"Terimaksih Mbak/Mas, saya lagi sibuk, nanti akan saya hubungi call center saja." Langsung matikan teleponnya. Nah silahkan hubungi call center bank anda untuk menginformasikan hal tersebut. Paling tidak walaupun kartu anda aman, anda membantu bank untuk informasi adanya kasus percobaan penipuan.

Bila anda sudah terlanjur tertipu maka pertimbangkan untuk melakukan penyangahan transaksi,
sebisa mungkin hubungi yang menipu anda bila masih memungkinkan. tetapi, bila tidak tersambung maka kirimkan/kembalikan semua paket, atau barang yang sudah anda terima, simpan resi pengiriman atau pengembalian paket untuk anda lampirkan di dokumen penyanggahan transaksi.

Note: Bila mereka sudah menginfokan promo kartu diskon, langsung matikan teleponnya. Kalau datang ke rumah, langsung tutup pintu atau bila perlu siram saja pakai air.







1 Response to "Penipuan Pada Kartu Kredit dengan Modus Kartu Diskon"

Jenifer Jilian said...

I think your blog is great to read and would look nicer if you always update your news, thanks
poker online