Mengapa AKKI Menutup Kartu Kredit Saya?


akki
AKKI (assosiasi kartu kredit Indonesia)


Mengapa AKKI Menutup Kartu Kredit Saya?


Pembaca yang saya hormati, beberapa bulan terakhir beberapa bank memang memutuskan untuk melakukan penutupan kartu kredit. AKKI atau Asosiasi Kartu Kredit Indonesia adalah salah satu bagian perusahaan dari perbankan yang ambil bagian dalam hal ini.


Keputusan untuk penutupan kartu kredit sebenarnya dilakukan untuk memenuhi atau menjalankan peraturan terbaru dari BI, dimana yang diinjikan untuk mengunakan fasilitas kartu kredit adalah mereka yang memiliki penghasilan tetap minimum 3 juta perbulan.


Tentunnya anda juga setuju bila penulis berkata kalau penutupan kartu kredit ini sebenarnya dilakukan dengan hati-hati oleh bank penerbit. Sebelum menutup kartu kredit, terlebih dahulu bank berkewajiban untuk meminta nasabah atau card holder untuk melakukan pengkinian data. (pengkinian data biasanya dilakukan dengan mengirimkan data penghasilan terbaru dari nasabah melalui email atau fax. Permintaan pengkinian data biasanya dikirim melalui surat edaran, sms atau bahkan melalui lembar tagihan. Beberapa Bank juga memiliki fasilitas pengkinian data yang tersedia di website bank masing - masing.


Selain penutupan kartu kredit, AKKI juga melakukan penurunan limit kartu kredit yang diterapkan bagi mereka yang limitnya tidak seimbang dengan data penghasilan nasabah yang tercatat di bank.

Apa yang harus anda lakukan?


Bila kartu anda belum ditutup.


Maka segeralah melakukan pengkinian data, sebelum batas waktu yang telah ditentukan. Kirimkan informasi mengenai pendapatan terakhir anda berupa slip gaji, atau mutasi butab (buku tabungan) bank penerbit tiga bulan terakhir, atau data penghasilan lainnya.

-Bagaimana bila anda hanyalah seorang ibu rumah tangga?

Pertimbangkan untuk mendapat surat rekomendasi/pengantar dari cabang pembuka rekening anda.


Bila kartu kredit anda sudah ditutup.

Anda tidak dapat aktifasi lagi, yang harus anda lakukan adalah mempertimbangkan tagihan anda. hubungi call center, biasanya bila kartu kredit anda ditutup oleh AKKI, anda berhak untuk mengajukan cicilan ringan dengan bunga 0% (sesui peraturan bank masing-masing).

Anda boleh menghubungi bank anda untuk menanyakan alasan penutupan CC. Karena, ada juga peraturan lainnya, misalkan bila penghasilan anda diatas 3 juta dan dibawah 10 juta, maka anda hanya diperbolehkan untuk memiliki 2 bank penerbit kartu (credit card issuer).



0 Response to "Mengapa AKKI Menutup Kartu Kredit Saya?"