Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modus Penipuan Pada Kartu Kredit dan ATM Yang Paling Sering Terjadi

Ini sangat penting diketahui, terutama bagi anda yang baru saja mengantongi kartu kredit atau atm pertama anda. Karena andalah sasaran empuk oknum-oknum yang tidak bertanggung Jawab Tersebut.

Sebaiknya luangkan waktu anda sebentar saja untuk membaca artikel ini. Supaya kelak, ketika anda menjadi sasaran mereka, anda sudah tahu harus berbuat apa.

Penipuan Kartu Diskon


Bank tidak memiliki program kartu diskon, Penipuan! Ini adalah modus penipuan pada kartu kredit atau atm dengan jumlah korban terbanyak.
Modus mereka sangat mudah untuk dibaca. Pertama kali seseorang akan menghubungi anda, mereka mengaku kerja sama dengan bank atau mengatakan kalau mereka adalah dari bank.

Mereka akan menawarkan kartu diskon traveling, seperti diskon hotel, diskon wisata. Mereka akan membujuk dengan sangat halus.

Biasanya, kalau korbannya laki-laki, sipenipu menggunakan perempuan untuk menelepon dengan suara yang sangat lembut.
Anda akan digoda, sampai anda menyetujui penawaran mereka, dan anda akan menginfokan data-data kartu kredit anda.
Dalam beberapa kasus mereka bahkan tidak akan segan-segan mendatangi rumah atau kantor anda.

Ketahuilah bawah bank penerbit di Indonesia tidak satupun yang punya program kartu diskon, Kenapa harus pakai kartu diskon, diskon biasanya diberikan dengan kode voucher atau langsung sudah kerja sama dengan toko.

Jadi kalau ada yang menghubungi anda menawarkan kartu diskon, segerah ditolak.


Modus Penipuan Aktifasi Kartu

Bank Tidak akan datang ke rumah untuk aktifasi kartu kredit. Hanya via telephone anda bisa aktifasi kartu kredit.  Biasanya memang dari bank akan ada yang menghubungi anda untuk aktifasi kartu, hal itu terjadi kalau anda tidak aktifasi kartu setelah cukup lama.

Dalam hal ini, anda harus benar-benar memastikan mereka dari bank sebelum mau memberitakan data kartu kredit anda.
Atau untuk lebih amannya, sebaiknya anda yang menghubungi call center untuk aktifasi kartu kredit anda.

Modus penipuan pada kartu kredit dengan berpura-pura untuk aktifasi kartu kredit dilakukan dengan mengunjungi anda langsung ke rumah atau ke kantor.

Mereka akan datang dan berkata kalau mereka dari bank dan harus aktifasi kartu kredit. Mereka akan membantu anda untuk menghubungi call center atau membantu anda untuk mengirimkan sms aktifasi. Setelah kartu kredit aktif, mereka berkata kalau kartu harus digesek dulu di mesin EDC.

Ketahuilah, pihak bank tidak akan pernah datang ke rumah atau kantor anda untuk aktifasi kartu kredit. Aktifasi kartu kredit tidak memerlukan mesin EDC.

Jadi kalau ada yang datang ke rumah anda dan mengatakan kalau mereka dari bank dan hendak bantu untuk aktifasi kartu kredit, segeralah ditolak.

Phising Kartu Kredit Saat Transaksi Online

Malware digunakan untuk mencuri data kartu kredit saat digunakan online online . Selain menggunakan bantuan Malware (Virus) penipuan seperti ini juga menggunakan metode menyamar.

Mereka bisa menyamar menjadi website bank palsu, email bank palsu atau toko online palsu. Mereka bisa mengirimkan email yang sumber pengirimannya sangat mirip dengan Bank.

Kemudian memaksa anda untuk membalas email tersebut dengan data kartu kredit anda. Kadang mereka juga mengancam akan menutup kartu kredit anda, kalau anda tidak mau bekerja sama.

Ketahuilah, Email yang mereka gunakan hanya mirip, tetapi tidak sama persis. misalkan email@bcaku.com atau email@mandere.co.id. Website yang mereka gunakan juga tidak sama persis, contohnya mandiri1.co.id.

Yang penting anda lakukan adalah selalu berhati-hati untuk mengirimkan data kartu kredit anda. Pastikan alamat email, website sebelum megirimkan data.

Pastikan toko online yang tempat anda bukan toko gadungan, lakukanlah perbelanjaan di website-website yang sudah punya nama.
Komputer yang biasa anda gunakan untuk mengakses data perbankan wajib menggunakan antivirus yang terus terupdate.

Ada banyak pilihan antivirus yang bisa kamu download online. Yang paling recommended adalah yang memiliki fitur internet security, jadi selain melawan virus bisa juga melawan jenis-jenis malware lainnya.

Kalau mau referensi. Saya Pakai Kapersky yang full security. Masalah kwalitas tidak perlu diragukan lagi, karena memang Kapersky selama 20 Tahun menjadi Platinum winner di customer award choice.


Kalau Mau coba ini saya berikan Link-nya.

Download Kapersky Online


Alat Perekam Jahat (Phising) di ATM





alat Phising di mesin atm



Penipuan ini sebenarnya incarannya adalah kartu atm. Tetapi kartu kredit tentu saja bisa menjadi korban

Yang paling sering terjadi adalah adanya device kecil yang dimasukkan ke dalam atm, baik itu di atas tombol, di dalam lubang struk, atau bahkan terinstal dengan mesin utama ATM.

Tanda-tanda yang paling sering terjadi adalah anda akan sedikit kesulitan memasukkan kartu kredit anda.
Tetapi bila didorong sedikit lebih keras, kartu kredit anda akan masuk. Anda akan memasukkan PIN, atm akan membaca adanya error dan mencoba mengeluarkan struk peringatan. Kartu kredit anda akan tertelan

Anda akan pergi meninggalkan atm dengan kesal, kemudian mereka para penipu itu akan mendatangi atm. Dan entah bagaimana caranya mereka bisa menggunakan atm anda. karena sebenarnya atm anda tidak tertelan. Itu adalah kinerja device yang mereka masukkan ke dalam atm

Ketahuilah, sesekali anda merasa ada yang ganjil ketika anda memasukkan kartu ke mesin atm, terasa sulit. Jangan dipaksa, carilah atm yang lain. Ketika kartu anda tertelan, hubungi bank tanpa meninggalkan atm untuk meminta pemblokiran kartu.

Double Gesek atau Double Deep


Sebenarnya agak sulit membedakan mana yang disengaja dan mana yang benar-benar karena adanya kegagalan mesin EDC.
Tapi perlu anda ketahui kalau masih ada toko yang menggunakan modus penipuan double gesek seperti ini.

Bila kartu kredit anda digesek dua kali baik itu karena alasan mesin yang pertama rusak, konfirmasi secepatnya setelah transaksi ke call center bank anda.

Modus Penipuan Transaksi Membership Kartu Kredit

Kebanyakan kasus ini terjadi untuk pembelian Applikasi IOS. Sulit juga menebak siapa sebenarnya yang salah. Apakah pengguna kartu kredit yang tidak membaca syarat ketentuan dari applikasi yang sedang di belinya.

Atau memang pihak developer applikasinya yang tidak menginformasikan kalau transaksi yang sedang anda lakukan adalah transaksi membership atau transaksi keanggotaan.

Anda mulai curiga setelah bulan berikutnya anda tertagih lagi, kadang satu kali, dua kali bahkan puluhan kali dari applikasi yang sama.

Ketahuilah sebelum melakukan pembelian applikasi, program, kursus, pastikan syarat ketentuannya. Apakah anda hanya perlu bayar sekali. Atau anda akan dikenakan biaya tiap kali mengakses applikasi.
Bila anda sudah terjebak dalam hal ini, satu-satunya yang terbaik yang harus anda lakukan adalah, hubungi call center bank anda dan minta pergantian kartu kredit.
Roy Passenger
Roy Passenger Selamat datang di Kartu Bank! Saya Roy Passenger. Baca Novelku di Google play Book, Yah! Klik Di Sini (Khusus Dewasa)