4 Cara Menggunakan Kartu Kredit Agar Tidak Kena Bunga

No comments
www.kartubank.com
 Cara Menggunakan Kartu Kredit Agar Tidak Kena Bunga


Faktor penyebab Munculnya bunga pada Kartu Kredit


  1. Pembayaran Minimum
  2. Pembayaran Partial dan tidak penuh
  3. Pembayaran Terlambat
  4. Transaksi Tarik Tunai
  5. Bunga Cicilan Tetap

Cara Supaya Kartu Kredit Tidak dikenakan Bunga Besar

1. Bayar Tagihan Penuh (Full Payment)

Pembayaran Penuh harus dilakukan sebelum jatuh tempo. Pemilik kartu kredit akan tetap dikenakan bunga walapun membayar tagihan penuh bila pembayaran dilakukan setelah jatuh tempo. Pembayaran partial penuh juga bisa dilakukan untuk menghindari penagihan bunga. Partial penuh adalah pembayaran beberapa kali sebelum jatuh tempo, misalkan bila tagihan nasabah adalah 1 juta dengan jatuh tempo tanggal 10. Maka, Nasabah dapat melakukan pembayaran 500 Ribu pada tanggal 1 dan 500 ribu pada tanggal 9. Dengan, demikian sistem akan tetap menghitungkan pembayarans sebagai pembayaran penuh dan tidak akan ditagihkan bunga.


2. Bayar Tepat waktu

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pembayaran kartu kredit yang telat akan langsung dikenakan bunga walaupun tagihan dilunasi. Jadi untuk menghindari bunga, tagihan harus dibayarkan tepat waktu. Bila pembayaran anda biasanya menggunakan kliring maka pembayaran sebaiknya dilakukan 3 Hari Kerja sebelum jatuh tempo.

3. Hindari Tarik Tunai di Mesin ATM (No Cash Advance)

Bunga Tarik tunai dan bunga transaksi retail memiliki besar persentasi yang sama yaitu 2.95%. Tetapi rumus perhitungan bunga transaksi tarik tunai dan transaksi retail sebenarnya berbeda. Bila Nasabah melakukan transaksi tarik tunai, maka bunga akan langsung berjalan persaat itu juga, itulah sebabnya kenapa nasabah tetap ditagihkan bunga tarik tunai walaupun nasabah melakukan pembayaran penuh. Jadi.


4. Cicilan Tetap 

Bila nasabah memiliki transaksi 500 Ribu ke atas dengan riwayat pembayaran yang biasanya pembayaran minimum. Maka sebaiknya setiap kali melakukan transaksi dengan minimum 500 ribu, transaksi tersebut diubah menjadi cicilan tetap. Bunga cicilan tetap jauh lebih ringan dibandingkan dengan bunga reguler yang muncul karena pembayaran minimum. 








No comments :

Post a Comment