Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

22 Istilah-istilah dalam kartu kredit yang sering digunakan

Terdapat banyak istilah bahasa asing di kartu kredit. Beberapa sudah diterjemahkan dan familiar di telinga pemegang. Tetapi - Karena banyaknya istilah - Pemegang kartu tidak selalu mengerti apa maksudnya. Berikut ini adalah beberapa istilah kartu kredit:

Kamus kartu Kredit

Istilah kartu kredit sebagai berikut:

Istilah Pengertian
3D-secured 6 digit kode yang terkirim ke nomor hp saat transaksi online
Limit Jumlah dana kartu kredit yang masih bisa dipakai
Billing Statement Lembar Tagihan Kartu Kredit
E billing Tagihan kartu kredit dikirim ke email
E statement Tagihan kartu kredit yang dikirim ke email
Over limit Pemakaian kartu kredit melebihi besar dana yang diberikan oleh bank/ diijinkan oleh bank
Installment Cicilan
Interest Bunga
Annual Fee Iuran Tahunan
Iuran Tahunan Biaya administrasi pemakaian kartu kredit per tahun
Late payment fee Biaya keterlambatan pembayaran
Verifikasi Call center menanyakan beberapa pertanyaan untuk memastikan yang menelepon adalah pemilik kartu yang sebenarnya
sub-charge Biaya tambahan yang ditagih karena bayar pakai kartu kredit
Cr Credit
-Cr Over limit
Balance Tagihan, Limit
Credit Refund Pengembalian dana
Transfer Balance Transfer uang dari kartu kredit ke rekening
Econ Saudara tidak serumah yang terdaftar di bank
Nomor kartu Kredit 16 digit nomor yang tertulis di bagian depan kartu
Masa berlaku Informasi masa berlaku kartu yang tertulis di bagian depan, format mm/yyyy atau mm/yy
Expired date Informasi masa berlaku kartu yang tertulis di bagian depan, format mm/yyyy atau mm/yy
Valid Thru Informasi masa berlaku kartu yang tertulis di bagian depan, format mm/yyyy atau mm/yy
Monthly Fee Iuran Bulanan kartu Kredit (bila tidak ada annual fee)
Membership Fee Iuran kartu kredit
Fraud Penyalahgunaan kartu kredit oleh orang lain yang bukan pemilik kartu.
Dispute Pemilik kartu mengajukan koreksi tagihan
Penyanggahan transaksi Pemilik kartu mengajukan koreksi tagihan
Activation Aktivasi 
Rejected transaction Transaksi yang ditolak
Approved Disetujui
Declined  Bank menolak transaksi
Deep Meletakkan kartu - atau memasukkan kartu ke EDC
Swipe Menggesek kartu
EDC Mesin pembaca kartu kredit/debit
PIN 6 digit angka berfungsi sebagai password saat transaksi di atm atau edc
Cash Advance Tarik tunai
Retail Perbelanjaan di toko
Payment thank Pembayaran yang masuk ke kartu kredit
Pembayaran Terimakasih Pembayaran yang masuk ke kartu kredit
Settlement Laporan akhir merchant ke bank untuk transaksi
Printing Charge Biaya print tagihan
Gestun Tarik tunai di mesin EDC / pura-pura belanja 
Visa Jaringan kartu kredit menggunakan jaringan Visa
MasterCard Jaringan kartu kredit menggunakan jaringan MasterCard
Mesin Penjawab IVR Mesin penjawab otomatis saat menghubungi call center
cvc/cvv Tiga angka di belakang kartu

3D Secure Code/Authentication code

Menurut wikipedia 3-D secure adalah program format XML yang di-design untuk menambah keamanan transaksi kartu kredit dan kartu debit saat digunakan online. 

Menurut saya 3D secure kartu kredit adalah enam digit angka yang dikirim ke nomor handphone pemegang kartu kredit/kartu debit saat transaksi online. 

Fungsi 6 digit kode tersebut adalah untuk menambah keamanan transaksi. Bayangkan bila seseorang menemukan kartu kredit anda. Bila 3d secure tidak melindungi, orang tersebut bisa dengan mudah menggunakannya. 

3d secure sama saja seperti pin. Tapi dikirim tiap transaksi dan dikirim ke handphone. Hanya digunakan saat belanja online.


Limit kartu kredit
Kredit Limit adalah dana yang diberikan oleh bank. Hampir sama seperti saldo pada rekening tabungan. Saldo rekening adalah jumlah uang yang disimpan di bank pada rekening tersebut. Sebaliknya Limit kartu kredit adalah uang atau dana yang dipinjamkan bank kepada nasabah.


Billing Statements
Biling statement adalah istilah asing untuk lembar tagihan kartu kredit. Semua rincian aktivitas kartu kredit, seperti transaksi retails, transaksi tarik tunai, cicilan, pembayaran tagihan tetap, dan lain-lain akan dimuat di billing statement. 


Cycle Date
Cycle date adalah Tanggal pencetakan billing statement. Jadi Bank itu memiliki tanggal cetak yang berbeda-beda untuk tiap jenis kartu kredit. Tagihan itu di cetak dimalam hari, jadi walaupun tanggal cetak nasabah adalah tanggal 12 tetapi untuk informasi pasti tentang besar tagihan baru bisa diketahui besok hari-nya.


Due Date
Due date pada kartu kredit adalah tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan. Due date itu memiliki rentan waktu pasti yang dihitung mulai dari tanggal cetak, biasa-nya lama dari tanggal cetak sampai jatuh tempo atau due date adalah dari 20 sampai 30 hari, tergantung ketentuan bank masing-masing. Bila pembayaran dilakukan setelah due date maka nasabah akan dikenakan denda keterlambatan dan pasti akan ditagihkan bunga juga.


Sub-Charge
Sub-Charge adalah biaya tambahan yang ditagih oleh toko ketika kita transaksi. Di indonesia Sub-Charge bisa mulai dari 1% - 3 %. Biaya sub-charge bukan ketentuan dari bank. Bank sama sekali tidak mengetahui hal itu, beberapa merchant atau toko mengatakan kalau mereka menagih sub-charge adalah untuk biaya perawatan mesin EDC. Kalau ada Toko yang menagih Surcharge atau biaya tambahan sebaiknya anda mencari toko yang menjual barang yang sama saja.


Auto installment
Auto installment adalah bahasa asing untuk proses cicilan atau cicilan pada kartu kredit.


Apa arti Pembayaran Terimakasih pada kartu kredit?
Pembayaran terimakasih adalah pembayaran yang anda lakukan. Bisa juga koreksi pembayaran atau transfer pembayaran dari kartu kredit anda yang lain sesuai permintaan.


Apa arti Interest pada kartu kredit?
Interest adalah bahasa asing untuk Bunga kartu kredit. Pembebanan bunga kartu kredit diatur dan di awasi oleh negara melalui team tertentu. Karena itulah bunga reguler kartu kredit di indonesia besarnya selalu hampir sama.


Apa arti annual fee?
Annual fee pada kartu kredit adalah biaya iuran kartu kredit per tahun


Apa arti membership fee pada kartu Kredit?
Membership fee itu sama dengan Annual fee yaitu iuran tahunan kartu kredit yang besarnya berbeda-beda tergantung jenis kartu kredit yang anda gunakan.


Apa arti Monthly Fee pada kartu kredit reguler?
Monthly fee pada kartu kredit reguler adalah iuran kartu yang penagihan-nya adalah per bulan. Bila sudah ditagih iuran dalam bentuk monthly fee, maka annual fee tidak akan ditagih lagi.


Apa arti Monthly Fee pada kartu kredit syariah?
Kartu kredit tidak mengenal bunga dan denda keterlambatan. Tetapi dalam kartu kredit syariah Bunga dan denda keterlambatan biasanya ditagih dengan mengunakan istilah Monthly fee.


Apa arti Pagu Kredit pada kartu kredit?
Pagu kredit adalah batasan dana yang diberikan oleh bank. Ini adalah istilah yang sama dengan Credit Limit.


Apa Arti Cash Advance pada kartu kredit?
Cash advance adalah transaksi penarikan uang di mesin atm dengan jumlah tertentu.


Apa arti Balance pada kartu kredit?
Istilah balance pada kartu kredit sering disalahartikan karena beberapa orang bahkan orang bank sering mengatakan balance untuk menyebut Nominal tagihan. Sebagian orang mengartikan balance dengan saldo kredit, jadi karena keduanya biasa digunakan, sebaiknya bila ada hal-hal yang berhubungan dengan istilah balance dipastikan dulu aja.


Apa arti Transfer balance pada kartu kredit?
Transfer balance adalah proses transfer kelebihan pembayaran dari kartu kredit yang satu ke kartu kredit yang lain, yang dimiliki oleh nasabah yang sama.


Apa arti kredit Credit Refund pada kartu kredit?
Credit Refund adalah pengembalian dana ke kartu kredit oleh merchant atau toko tertentu karena pembatalan transaksi atau karena sebab lain. Istilah Refund juga bisa digunakan untuk pengembalian kelebihan pembayaran dari kartu kredit ke rekening pemilik kartu kredit.



Apa arti Dispute pada kartu kredit?
Dispute adalah proses sanggahan transaksi. Dimana seorang pemegang kartu merasa tidak melakukan transaksi tetapi ditagih. Ada banyak jenis Dispute tergantung dari alasan si pemegang kartu mengajukan dispute tersebut. Tetapi yang perlu diketahui adalah kalau dispute itu artinya sanggahan transaksi karena alasan tertentu.

Proses dispute pada kartu kredit itu sangat lama, ini dikarenakan proses dispute pasti memerlukan tindakan investigasi terlebih dahulu. Proses dispute pada kartu kredit bisa memakan waktu sampai 6 bulan.


Apa Itu Logo Kartu Kredit?
Logo pada kartu kredit itu lebih mengarah kepada jenis kartu, bisa diartikan apakah kartu kredit tersebut mengunakan logo master atau visa. Kemudian bisa didefinisikan misalkan dalam kalimat, "Logo kartunya adalah Visa Silver" jadi dalam kalimat tersebut Logo mengarah kepada jenis kartu kredit.


Apa arti fraud pada kartu kredit?
Fraud pada kartu kredit artinya penyalahgunaan kartu yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu yang bukan pemegang kartu.


Apa arti Gestun atau Gesek Tunai pada kartu kredit?
Gestun adalah transaksi penarikan uang melalui merchant dengan berpura-pura seolah pemegang kartu melakukan transaksi. Ini adalah kerja sama ilegal antara pemegang kartu dengan pihak toko atau merchant. Hal ini seperti ini paling tidak disukai oleh bank, bila ketahuan, data pemegang kartu akan langsung buruk dan akan kesulitan untuk mengurus kredit.
Roy Passenger
Roy Passenger Selamat datang di Kartu Bank! Saya Roy Passenger. Baca Novelku di Google play Book, Yah! Klik Di Sini (Khusus Dewasa)