Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit Supaya disetujui

Kenaikan pagu kartu kredit bisa hingga 100%

Menaikkan limit kartu kredit hingga 100% itu sangat gampang. Asalkan kamu bisa tahu syarat dan ketentuannya. Kenaikan kredit limit masih sering disebut pakai istilah bahasa asing yaitu increase credit limit (ICL). Di Indonesia sendiri limit kredit juga sering disebut dengan pagu kredit. Kenaikan  limit kartu kredit adalah peningkatan batasan nominal uang yang bisa digunakan pada produk kartu kredit.

Bank Indonesia hanya memperbolehkan penerbit kartu kredit memberikan pagu kredit maksimal 3 kali gaji bulanan pemegang kartu. Artinya dengan gaji 5 juta perbulan, kamu seharusnya bisa memiliki kartu kredit dengan limit 15 jutaan. Sebenarnya banyak juga pemegang kartu yang memiliki limit lebih dari 3 kali gaji perbulan. Hal tersebut biasanya terjadi, apabila pemegang kartu mengirimkan slip gaji yang lebih besar. Misalkan slip gaji yang didalamnya terdapat bonus, thr, tunjangan khusus dan lainnya.

Penyebab Permintaan Kenaikan Limit Ditolak

Saat pertama kali kamu mengajukan kenaikan pagu kredit, maka team call center akan langsung melakukan pengecekan kecil-kecilan mengenai history pembayaran kartu kreditmu dan juga skor kreditmu di bank tersebut. Setelah memastikan skormu mencukupi, call center akan membuat laporan dan kamu akan diminta untuk mengirimkan dokumen yang diperlukan. Laporan tersebut akan dikirimkan ke team risk management. Setelah dokumen pengajuan lengkap, team akan melakukan analisis untuk memastikan nominal pagu kredit yang layak untuk diberikan. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang mempengaruhi kenapa permintaan kenaikan kredit limit ditolak atau disetujui:

  • Pembayaran terlambat, bila dalam 6 bulan terakhir ada pembayaran terlambat maka semakin kecil kemungkinan permintaan kenaikan kredit limit untuk di setujui.
  • Bila dalam 6 bulan terakhir terdapat minimal dua kali keterlambatan pembayaran maka pengajuan permintaan kenaikan kredit limit kemungkinan besar akan ditolak.
  • Bila dalam enam bulan terakhir pembayaran adalah minimum maka kemungkinan untuk disetujui akan lebih kecil
  • Bila dalam enam bulan terakhir terdapat paling tidak tiga kali pembayaran penuh maka kemungkinan permintaan kenaikan kredit limit akan lebih besar untuk disetujui.
  • Bila dalam rincian tagihan terdapat transaksi-transaksi yang dicurigai gesek tunai atau tarik tunai di mesin edc maka kemungkinan besar pengajuan kenaikan kredit limit akan ditolak.
  • Bila data BI Checking atau salah satu kartu kredit baik dari bank yang sama atau dari bank lain terdapat status kolektibilitas dalam perhatian khusus, kurang lancar, diragukan atau macet maka kemungkinan permintaan menaikkan kredit limit akan ditolak.


Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengajukan kenaikan kredit limit kartu kredit supaya disetujui:

  • Kirimkan slip gaji dimana informasi penghasilan terinformasi lebih besar, misalkan slip gaji yang memiliki bonus, atau lemburan atau insentif lainnya.
  • Usahakan untuk melakukan pembayaran tepat waktu, apabila ada pembayaran telat dalam enam bulan terakhir, sebaiknya ditunggu sampai enam bulan terakhir tidak pembayaran telat.
  • Usahakan untuk melakukan pembayaran tagihan penuh paling tidak tiga kali dalam enam bulan terakhir.
  • Sebaiknya hindari penggunaan kartu kredit untuk gesek tunai
  • Bila kamu memiliki kartu di bank lain yang memiliki kolektibilitas kurang bagus sebaiknya permasalahan itu diselesaikan dulu.
  • Bila kamu sudah melakukan hal-hal tersebut, maka kemungkinan besar permintaan  kenaikan limit kartu kreditmu akan disetujui.

Syarat Menaikkan pagu kartu kredit

Kirimkan dokumen yang Jelas atau jangan sampai buram. Jangan mengirimkan slip gaji palsu karena itu sangat mudah untuk dilacak atau diketahui oleh pihak analis. Bila kamu mengirimkan dokumen-nya hari ini, coba hubungi call center besok harinya untuk memastikan dokumen sudah diterima atau belum. Untuk menambah kredit limit, pemegang kartu harus menghubungi bank via call center atau via cabang untuk mengajukan Laporan.Setelah itu, kamu harus mengirimkan dokumen.

Berikut ini adalah syarat mengajukan kenaikan kredit limit:

  • Kartu kredit tidak terblokir.
  • Pembayaran tidak terlambat dalam 6 bulan terakhir.
  • Skor kredit mencukupi
  • Kenaikan limit permanent terakhir lebih dari 6 sampai 1 tahun yang lalu.
  • Mengirimkan dokumen berikut ini.
    • Surat pernyataan yang ditanda tangani - Cek contoh Surat pernyataan
    • Fc Kartu kredit
    • Fc KTP
    • Slip Gaji/ SPT untuk pengusaha (Pengajuan limit diatas 50 juta biasanya memerlukan FC NPWP)

Bila pengajuan melalui kantor cabang maka pastikan dokumen tersebut sudah dipersiapkan dari rumah. Bila melalui call center, anda akan disuruh mengirimkannya via email atau via fax. Catat alamat email yang akan disampaikan oleh call center. Kirimkan dokumen dengan lengkap dan tidak buram. Lama pengajuan kenaikkan limit kartu kredit berbeda-beda tiap bank, tetapi tidak akan memakan waktu sampai seminggu. Biasanya hanya berkisar 2 sampai 4 hari kerja setelah dokumen diterima.

Kesimpulan Seberapa besar Bank akan menyetujui permintaan kenaikan limit kartu kredit? Tergantung dari hasil analis, mereka akan memperhitungkan slip gaji atau total pendapatan. Kebanyakan Bank berani memberikan limit maksimal tiga kali penghasilan perbulan. Misalkan bila gaji tiga juta, maka maksimal limitnya adalah sembilan juta. Pertimbangan lainnya yang akan sangat mempengaruhi persetujuan kenaikan limit adalah history pembayaran. Bila pembayaran dalam satu tahun adalah minimum pembayaran atau hanya 10% dari total tagihan maka kemungkinan besar permintaan akan ditolak.

Selain history pembayaran, Cheating Gestun (tarik tunai dimesin EDC) juga akan sangat berpengaruh. Permintaan kenaikan limit kemungkinan akan ditolak bila Bank mengetahui atau mencurigai transaksi gestun dikartu kredit. Maka Tips Paling mutakhir supaya permintaan kenaikan limit kartu kredit anda disetujui adalah dengan mengusahakan pembayaran full paling tidak tiga kali dalam enam bulan terakhir sebelum mengajukan kenaikan limit dan hindari transaksi Gestun.

Baca Juga  jenis-jenis kenaikan limit kartu kredit.

Roy Passenger
Roy Passenger Selamat datang di Kartu Bank! Saya Roy Passenger. Baca Novelku di Google play Book, Yah! Klik Di Sini (Khusus Dewasa)